Cara Menyimpan/Save File ke Semua Versi di CorelDRAW - Masoga Net

Cara Menyimpan/Save File ke Semua Versi di CorelDRAW

Masoga.net - Setelah mengetahui dasar belajar coreldraw, kita saat ini akan membagikan sebuah tips cara menyimpan file CorelDRAW dapat dibuka oleh semua versi.

Mungkin dengan menyimpan file coredraw dapat di buka dari versi terbaru ke versi lama sudah tidak asing atau sebagian sudah mengetahuinya.

Nah, pertanyaannya kita bagaimana cara membuat file coreldraw dapat dibuka oleh semua versi dari yang jadul maupun versi yang lebih tinggi.

Misalkan kita menggunakan coreldraw versi X7 dan ada corel terbaru yakni versi X8, apakah dari file X7 itu dapat di buka di X8 ?

Kebanyakan kasus seperti yang saya alami adalah tidak bisa dibuka, Jadi file corel tersebut hanya bisa di buka kedalam versi X7 kebawahnya.

Tentu ini sangat membutuhkan cara lain agar bisa dibuka versi tinggi kemudian hari, Jadi anda tidak perlu khawatir file coreldraw tidak bisa dibuka.

Cara Menyimpan File CorelDRAW Bisa di Buka Semua Versi


Ini sangat menarik, pada pembahasan artikel ini saya menggunakan CorelDRAW versi 2018 yang tampilannya sudah berubah drastis dari CorelDRAW X6 ataupun X7.

Saya akan membuat sebuah file object dalam layer project, untuk contohnya seperti dibawah ini.

Langkah Pertama

Silahkan untuk simpan atau "Save" ( Ctrl + S ).



Langkah Kedua

Kita simpan dulu dengan format ekstensi bawaan CorelDRAW yaitu .CDR

Cara Menyimpan/Save File ke Semua Versi di CorelDRAW

Langkah Ketiga

Pada tahap ini untuk melakukan format extensi yang dapat dibuka oleh semua versi CorelDRAW. Kita bisa memilih CMX - Corel Presentation Exchange (*.cmx) dan untuk yang bawah menurut saya tidak ada perbedaannya. 


Langkah Keempat

Pada file .cmx yang sudah disimpan, kita klik kanan > Properties.


Langkah Kelima

Setelah dari Properties, kita busa memilih Read-only


Pada tahapan yang diatas, mungkin ada beberapa yang harus kamu ketahui diantaranya ketika membuka file di CorelDRAW X6 misalnya.

Nah, akan terdapat kotak pemberitahuan , kamu bisa mengabaikannya saja. Tanda tersebut biasanya akan membaca file yang dibuka menggunakan fitur baru belum terdapat di versi sebelumnya. Alhasil mengalami perubahan yang akan menjadi file bitmap saja. 

Opsional, Jika Anda ingin menurunkan versi ke lebih rendah


Langkah diatas, saya rekomendasikan untuk membuka file kelebih tinggi lagi. Nah, Jika anda ingin downgrade ke versi lebih lama ada cara yang sangat direkomendasikan menurut saya. 

Saya menggunakan CorelDRAW 2018, yang harus bisa dibuka versi lebih kecil bahkan versi X4 sekalipun. 

Bagaimana caranya ?

#1. Simpan Seperti Biasanya Menggunakan Save atau Save As.

Cara Menyimpan File CorelDRAW Dapat di Buka Semua Versi

Keterangan : 

Version 17.0, menurut saya itu versi CorelDRAW X7 
Version 16.0, itu versi dari CorelDRAW X6

Begitu seterusnya, Jadi kamu bisa menyimpan file CorelDRAW sesuai kebutuhan dan secara otomatis akan bisa dibuka ke versi rendahnya. 

Sebaliknya dengan versi jadul ingin dibukan versi tinggi, akan normal terbuka. Kamu bisa mengira untuk selanjutnya ya dalam menyimpan file CorelDRAW ke semua versi ini. 

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan terkait artikel cara menyimpan file CorelDRAW ke semua versi. 

Jika ada tambahan, jangan sungkan untuk berkomentar dibawah kita akan diskusi bareng tentang CorelDRAW ini. Semoga bermafaat


Belum ada Komentar untuk "Cara Menyimpan/Save File ke Semua Versi di CorelDRAW - Masoga Net"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel