Backlink DoFollow dan NoFollow Apa Perbedaannya ?


Link merupakan sebuah kata atau deratan dari halaman situs yang terhubung dengan halaman lain baik itu menuju halaman situs yang sama dengan halaman itu sendiri maupun dengan yang lain.

Sebuah link yang terdapat blog orang lain yang mengarah ke halaman blog kita sendiri itu disebut dengan backlink bisa diartikan bahwa backlink antara bisa terjadi adanya kerjasama atau halaman blog kita yang dikenali banyak orang sehingga banyak mendapatkan backlink dari blog orang lain.

Secara umum untuk penulisan code link seperti dibawah ini:
<a href='example.com'>Membuat Backlink </a>
  
Atau juga bisa seperti ini:
<a href='example.com' rel='nofollow'>Membuat Backlink </a>
  
Pada penjelasan code diatas merupakan sebuah contoh penulisan link dari kode html, kode tersebut akan menghasilkan tulisan Membuat Backlink akan menampilkan garis bawah dan bisa klik ke halaman situs example.com atau sebagainya.

 Perbadingan dua kode diatas memang tujuan utama yaitu untuk menghasilkan sebuah link, Tetapi mempunyai perbedaan yang mendasar apalagi di pandangan mesin pencari goolge. LInk berwarna biru di sebut dengan link dofollow dan yang berwarna merah adalah klink nofollow. Kode html yang membedakan yaitu adanya atribut rel='nofollow' .

 Perbedaan Backlink Dofollow dan Nofollow

Perbedaan dari backlink Dofollow dan Nofollow nilai yang diberikan terletak dari kedua link tersebut. Ketika mesin pencari seperti google membaca sebuah backlink maka dia akan menganalisa bahwa backlink tersebut apakah dofollow atau nofollow. Bila search engine telah membaca sebuah backlink jenis dofollow maka si perujuk yang membuat backlik tersebut akan mendapatkan point tambahan kepada halaman itu di mesin pencari.

Kemudian akan diakumulasikan dari backlink-backlink lain yang sudah diperoleh halaman rujuknya itu. Maka akan diperhitungkan semua backlink yang mengarah ke halaman tersebut dan datang dari situs seperti apa backlin itu berasal untuk merujuk sebuah halaman.

Sedangkan bila search engine google telah membaca backlink jenis nofollow  maka tidak akan dihitung sebagai point. Memang backlink nofollow tidak berpengaruh di mesin pencari google. Walaupun tidak berfungsi sebagai menaikan pagerank di mesin pencari tetapi backlink nofollow juga bisa digunakan sebagai pembantu untuk menaikan trafic pada sebuah halaman situs.

Kini google telah menciptkan sebuah konsep algoritma untuk memperhitungan sebuah halaman dengan istilah pagerank (rangking halaman) yang berurutan dari 0 sampai angka 10. BIla anda memiliki banyak point yang sangat baik maka akan lebih tinggi untuk mendapatkan peluang pagerank. Bila anda sudah menempati pagerank 10 besar maka akan berpeluang untuk meningkatkan SERP ( Search Engine Result Page) lebih tinggi lagi sehingga halaman anda dapat posisi nomor satu atau pageone dari hasil banyak dikunjungi oleh pembaca.

Kesimpulan backlink dofollow memang memiliki dampak yang bagus bagi sebuah halaman untuk meningkatkan SERP di mesin pencari google.Sedangkan backlink nofollow tidak akan berpengaruh di pandangan mesin pencari google tetapi jenis link ini masih berkontribusi mempunyai fungsi untuk meningkatkan sebuah trafic serta memiliki natural backlink yang bagus untuk sebuah halaman situs.

Jika kita memburu sebuah backlink, carilah backlink dofollow yang berkualitas tetapi anda juga tidak boleh melupakan backlink nofollow karena adanya kinerja dari kedua backlink tersebut mempunyai manfaat tersendiri. Memang backlink yang diutamakan adalah backlink dofollow yang berdampak meningkatkan trafic secara optimal.




 

Belum ada Komentar untuk "Backlink DoFollow dan NoFollow Apa Perbedaannya ? "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel